Home Style Widget

Sekilas Tentang UTS Ma’ajim Esok Hari



http://www.vetogate.com/1328041

Harus diakui bahwa hari-hari di minggu sangatlah padat, entah UTS di kampus maupun UAS yang sedang di selenggarakan di pondok pesantren, ditambah sebagian pelajaran-pelajaran yang belum dikuasai secara utuh.
Rupanya itu menambah kepenatan tersendiri bagi pikiran. Mungkin setiap pelajar memiliki daftar-daftar pelajaran yang mereka anggap “Danger” yang menghantui diri mereka, begitu juga dengan saya yang mengambil jurusan di perkuliahan yang berbasis agama, yang pastinya tak lepas dari peranan bahasa arab.
Bagi saya pelajaran yang begitu lumayan rumit ialah pelajaran“Ma’ajim”, yaitu pelajaran yang membahas tentang seluk beluk perkembangan kamus atau mu’jam dan semua yang berkaitan dengannya, yang menurut teman-teman saya pun lumayan menguras otak.
Tibalah hari yang tidak di ‘rindukan’ itu datang, yaitu UTS pada materi “Ma’ajim”, sayapun mulai membacanya berulang-ulang walau tak paham, ibarat setrika yang belum di hidupkan tapi langsung dipakai untuk menstrika baju, walaupun ia mondar-mandir kesana-sini, tapi tidak membuahkan hasil.
Namun pada malam ini, saya mendapatkan pelajaran penting yang tak kalah pentingnya dengan point-point apa yang kira-kira akan keluar di UTS nanti. Saya mendapatkan hal itu, ya.. hal yang sedang berhubungan dengan rakyat indonesia yang sedang memperselisihkan tafsir-tafsir yang bermacam-macam, masing-masing pihak saling memperjuangkan pendapat mereka.
Tatkala saya membaca pada hal 26 di kitab ma’ajim yang saya pelajari ini, akan tetapi ini adalah sesuatu yang sangat sedikiti sekali hubungannya dengan masalah yang sedang berlangsung di negeri ini, berikut redaksinya:
فقد روي السّيوطي أنّ أبا بكر سئل عن قوله تعالي : (وفاكهة وأبّا)، فقال : (أيّ سماء تظلّني، وأيّ أرض تقلّني إن أنا قلت في كتاب الله مــالا أعلم)...الخ
Mungkin bisa diartikan sendiri oleh pembaca, dan intinya adalah ketika Abu bakr R.A ditanya tentang ayat yang ia tidak ketahui maknanya, maka Abu bakr R.A pun tidak langsung menjawabnya, bahkan ia mengembalikannya kepada dirinya sendiri sebab ketidak tahuannya itu, mungkin begitulah secuil pelajaran yang saya dapatkan di balik keruetan yang sedang dihadapi ini, yaitu UTS ma’ajim, dan rupanya saya pun teringat, ternyata subuh esok hari ada UAS pada pelajaran “Qowaidul Asasiyyah”. (langsung tutup laptop, sambil menikmati dendangan lagu dari Padang yang berjudul “Seroja”)

Ciputat, Rabu 09 juni 2016, pukul 00:15

Post a comment

0 Comments